Posted by : Unknown Saturday, June 22, 2013


Masa remaja menunjukan masa transisi dari masa kanak- kanak ke masa dewasa. Tahap transisi remaja ini akan memberikan masa yang lebih panjang untuk menembangkan berbagai keteramplan serta ntuk mempersiapkan masa depan, tetapi masa itu cenderung menimbulkan masa petentangan (konflik ke bimbingan antara ketergantungan dan kemandirian). Masa remaja adalah suatu masa perubahan baik secara fisik maupun psikologis.


Terdapat beberap perubahan atau ciri – ciri yang terjadi  selama  masa remaja yaitu :
 
 1. Peningkatan emosional yang terjadi secara cepat pada masa remaja awal. Peningkatan emosional ini merupakan hasil dari perubahan fisik terutama terutama hormon yang terjadi pada mas remaja. Dari segi kondosi sosial, peningkatan emosional ini merupakan tanda awal remaja berada dalam kondisi baru yang berbeda dari masa sebelumnya. Pada masa ini banyak tuntutan dan tekanan ng ditujukan pada masa remaja. Misalnya, mereka diharapkan tidak lagi bertingkahlaku seperi anak – anak, mereka juga harus lebih mandiri dan bertanggung jawab. Kemandirian dan tanggung jawab ini akan terbebtuk seiring berjalannya waktu dan akan nampak kelas pada remaja akhir yang duduk di wal awal masa kulia.

2.  Perbahan yang cepat secara fisik yang juga disertai kematangan seksual. Terkadang perubahan ini membuat remaja meras tidak yakin akan diri dan kemampuan mereka sendiri. Perubahan fisik yang terjadi secara cepat, baik perubahan internal seperti sistem sirkulasi, perencanaan dan sistem respirasi maupun perubahan eksternal seperti tinggi badan, berat badan, dan proporsi tubuh sangat berpengaruh terhadap konsep diri remaja.

3.     Perubaha dalam hal yang menarik bagi dirinya dan hubungan dengan orang lain. Selama masa remaja banyak hal – hal yang menarik bagi dirinya di bawa dari masa kanak- kanak digantikan dengan hal menarik yang baru dan lebih matang. Hal itu juga dikerenak anadanya tanggung jawab yang lebih besar di masa remaja, maka remaja diharapkan remaja untuk dapat mengarahkan keterkaitan mereka pada hal yang lebih penting. Perubahan juga terjadi dalam hubunga dengan orang lain. Remaja tidak lagi berhubungan hanya dengan individu dari jenis kelamin yang sama, tetapi dengan lawan jenis, dan dengan orang dewasa.

4.   Perubahan nilai, dimana  apa yang mereka anggap penting pada masa kanak – kanak menjadi kurang penting karena sudah mendekati dewasa.

5.   Kebanyakan remaja bersikap ambivalen dalam menghadapi perubahan yang terjadi. Di satu sisi mereka menginginkan kebebasan, tetapi di sisilain mereka takut akan tanggung jawab yang menyertai kebebasan tersebut, serta meragukan kemampuan mereka sendiri untuk memikul tanggung jawab tersebut.



CARA MENAGTASI HAL – HAL NEGATIF PADA MASA REMAJA


  • Melakukan kegiatan yang positif
  • Mengekpresikan potensi diri melelui kegiatan yang menunjang kehidupan yang akan datang. 
  • Bersosialisasi dengan orang yang lebih pintar baik itu dalam bidang sosial, akademik, maupun dibidang yang lain. 
  • Selalu mendekatkan pada Tuhan Yang Maha Esa.

Sumber :

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. Pelajaran dan pendidikan akhlak sangat penting bagi pelajar muslim di seluruh Indonesia. Bagi seorang muslim dan muslimah sudah seharusnya Kita memiliki semangat dan ghirah dalam mempelajari bahasa arab. Terlebih lagi bahasa arab dan wasilah bagi kita dalam mengenal ilmu syari.
    ciri ciri remaja Sifat sifat umar bin Khattab Ufa Bunga SMartphone

    ReplyDelete

Popular Post

Belardo. Powered by Blogger.

- Copyright © KONSELORKU -Metrocity- Powered by Blogger - Designed by Belardo Farjantoky -