Archive for June 2013

MEDIA BIMBINGAN KONSELING


Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan. Beberapa ahli memberikan definisi tentang media pembelajaran/bimbingan. Sementara itu Badru Zaman (2005:4.11) mendifinisikan media:“ sebagai wahana dari pesan yang oleh sumber pesan (guru) ingin diteruskan kepada penerima pesan (anak)”.
 Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa media adalah peralatan yang dapat dipakai atau dimanfaatkan untuk merangsang perkembangan fisik, motorik, sosial, emosi, kognitif, kreatifitas dan bahasa anak sehingga ia mampu mendorong terjadinya proses belajar mengajar pada diri anak.
Tuesday, June 25, 2013
Posted by Unknown

Layanan dalam Bimbingan dan Konseling

Pelaksanaan kegiatan Bimbingan dan Konseling dapat melalui berbagai layanan, dengan mempertimbangkan kehidupan pribadi, kehidupan sosial dan perkembangan kehidupan pembelajaran serta perencanaan karir. Bentuk pelayanan bagi peserta didik dapat dikembangkan dengan menggunakan berbagai cara dan variasi sesuai kebutuhan sekolah, kekhasan atau karakteristik potensi daerah. melalui layalan Bimbingan dan Konseling juda dapat memudahkan baik konselor maupun klien dalam kegiatan berlangsung, sehingga kegiatan bimbingan dan konseling dapat berjalan sesuai yang diharapkan.
Monday, June 24, 2013
Posted by Unknown

Modul Bimbingan dan Konseling



BAB I

PENDAHULUAN
            A.  Deskripsi

Modul pembelajaran ini di maksudkan agar guru Bimbingan dan Koseling dapat menyampaikan materi bimbingan sesuai dengan materi yang di persiapkan sebelumya. Di dalam tugasnya guru pembiming harus terlebih dahulu memahami materi yang akan disampaikan kepada siswanya, sehingga didalam penyampaian guru pembimbing bisa lebih menguasai materi. Selain, itu juga guru pembimbing bisa nguasai situasi dan kondisi lingkup belajar siswa ketika penyampaian materi bimbingan berlangsung. Karena penguasaan materi sangat diperlukan pada saat penyampaian di depan siswa didiknya, jika tidak maka guru pembimbing pun akan kebingungan di saat penyampaian materi berlangsung, selin itu juga guru pembimbing pun sulit mengatur siswanya agar bisa memperhatikan materi apa yang disampaiakan akibatnya situasi dan kondisi belajar siswa menjadi tidak efektif dan efisisen.

Didalam Bimbingan dan konseling guru Pembimbing tidak hanya bisa menguasai materi saja tetapi akan lebih mudanya jika guru pembimbing menggunakan layanan – layanan  yang ada dalam Bimbingan dan Konseling. Sepeti misalnya, jika ingin menyampaikan materi dengan siswa yang sedikit dalam kelompok kecil guru pembimbing bisa menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok atau guru pembimbing ingin menyampaikan materi sekaligus dengan siswa satu kelas misalnya guru pembimbing bisa menggunakan Layanan Bimbingan Klasikal. Dengan adanya layanan tersebut guru pembimbing lebih bisa mengatur siswanya untuk memahai materi yang di sampaikan guru pembimbing. Selain itu juga, di dalam di dalam pemberian materi pada layan tersebut akan bisa berjalan dengan efektif dan efeien lebih – lebih pada layanan bimbingan kelompok, karena di dalam bimbingan kelompok hanya terdiri dari 7 – 15 orang anggota kelompok.

Didalam pemberian materi jaga disesuaikan sehingga delam penyampain materi guru pembimbing lebih mudah dalam penyampaiannya. Dalam kaitan ini topik yang dibahas mengenai “Prilaku Menyimpang Pada Remaja”.
Posted by Unknown

Asas-asas dalam Bimbingan dan Konseling


Pada dasarnya setiap pelayanan itu memiliki asas yang akan memberikan suatu kaidah-kaidan dimana akan menjamin keefisienan dan keefektifan layanan tersebut. Seperti dalam layanan bimbingan dan konseling memiliki kaidah yang bisa dikenal dengan sebutan asas-asas bimbingan dan konseling, maksudnya  ketentuan-ketentuan yang harus diterapkan dalam penyelenggaraan pelayanan itu. Dengan adanya asas tersebut akan memberikan pengaruh yang besar dalam penyampaian suatu layanan tersebut sehingga dapat tercapi tujuan yang diharapkan. Sebaliknya, apabila asas-asas itu diabaikan atau dilanggar sangat dikhawatirkan kegiatan yang terlaksana itu justru berlawanan dengan tujuan bimbingan dan konseling, bahkan akan dapat merugikan orang-orang yang terlibat di dalam pelayanan, serta profesi bimbingan dan konseling itu sendiri. Asas-asas yang dimaksud tersebut antara lain: 
Posted by Unknown

MASA REMAJA DAN CIRI – CIRI REMAJA


Masa remaja menunjukan masa transisi dari masa kanak- kanak ke masa dewasa. Tahap transisi remaja ini akan memberikan masa yang lebih panjang untuk menembangkan berbagai keteramplan serta ntuk mempersiapkan masa depan, tetapi masa itu cenderung menimbulkan masa petentangan (konflik ke bimbingan antara ketergantungan dan kemandirian). Masa remaja adalah suatu masa perubahan baik secara fisik maupun psikologis.
Saturday, June 22, 2013
Posted by Unknown

Popular Post

Belardo. Powered by Blogger.

- Copyright © KONSELORKU -Metrocity- Powered by Blogger - Designed by Belardo Farjantoky -